menu
user

Jakarta - Kebijakan baru WhatsApp membuat pengguna berpikir untuk meninggalkan aplikasi pesan milik Facebook. Jika kamu punya niatan yang sama, ada banyak aplikasi sejenis yang dapat digunakan.

Nah berikut rekomendasi Urbanasia 5 aplikasi alternatif WhatsApp yang patut kamu pertimbangkan.

1. Telegram

1609825032-Telegram.jpegSumber: Ilustrasi telegram. (beeboom)

Telegram menjadi salah satu pesaing berat WhatsApp. Kamu dapat menggunakan aplikasi Telegram di ponsel, komputer, tablet dan lain-lain. 

Tidak hanya menawarkan enkripsi end-to-end, aplikasi ini kaya fitur yang membuat percakapan lebih seru. Kamu dapat membuat grup super besar hingga 100.000 orang, saluran publik, kemampuan untuk berbagi file hingga 1,5 GB, kunci kode sandi, pesan penghancuran diri dan lainnya

2. Signal

1610186360-signal-aplikasi.jpegSumber: Ilustrasi aplikasi Signal (@signal_app/Instagram)

Signal Foundation, organisasi yang memberdayakan teknologi enkripsi end-to-end di WhatsApp Messenger dan Facebook Messenger, menawarkan aplikasi pesan sendiri yang dinamai Signal Private Messenger. 

Signal membawa sejumlah fitur keamanan yang lebih unggul jika dibandingkan dengan WhatsApp. Terdapat fitur yang dapat merusak diri sendiri, keamanan layar (mencegah siapa pun mengambil tangkapan layar), dan banyak lagi. Karenanya Elon Musk merekmondasikan aplikasi ini.

3. Threema

1610186018-aplikasi-threema.jpgSumber: Ilustrasi aplikasi Threema (Pixabay)

Jika kemanan memjadi hal yang terpenting bagi kamu, maka Threema yang paling cocok. Aplikasi ini mengenkripsi semua data , termasuk pesan, file bersama, dan bahkan pembaruan status. Meskipun tidak memiliki fitur WhatsApp seperti panggilan suara dan video, fitur keamanannya begitu mengesankan.

Selain enkripsi end-to-end, aplikasi juga tidak mengumpulkan metadata dan menawarkan berbagai opsi cadangan terenkripsi . Threema merupakan aplikasi open-source dan memiliki kebijakan privasi yang sangat transparan. Jadi keamanan kamu ada di tangan yang aman saat menggunakan aplikasi ini.

4. LINE

1584531578-aplikasi-perpesanan-instan-line-foto-pixabay.jpgSumber: Aplikasi LINE. (Ilustrasi/Pixabay)

Alternatif WhatsApp lain yang dapat kamu gunakan adalah LINE, yang merupakan aplikasi perpesanan lintas platform yang sangat populer yang dikemas dalam banyak fitur. Seperti WhatsApp, aplikasi ini memiliki fitur enkripsi end-to-end, dukungan untuk panggilan serta pesan suara dan video dan banyak lagi.

5. Snapchat

1595648342-Snapchat.jpgSumber: Ilustrasi Snapchat (Freepik)

Meskipun Snapchat secara teknis bukan hanya aplikasi perpesanan melainkan sebuah media sosial. Pun begitu ketina menggunakannya sebagai aplikasi perpesanan dapat memanfaatkan fitur berguna yang ditawarkan oleh aplikasi perpesanan lain. 

Misalnya, kamu dapat mengirim pesan yang dapat hancur sendiri setelah jangka waktu tertentu. Kamu dapat mengetahui jika seseorang mengambil tangkapan layar dari obrolan. Selain itu menawarkan koleksi stikef wajah terbaik dari semua aplikasi yang ada sehingga membuat aplikasi ini menyenangkan untuk digunakan.

Komentar
paper plane